Sunday, February 19, 2012

A Separation (2011, Iran)


"What is wrong is wrong, no matter who said it or where it's written."
- Nader, A Separation

Directed by Asghar Farhadi
Running time 123 minutes
Country Iran
Language Persian


Plot


Nader dan Simin menghadapi keputusan yang rumit, Simin menginginkan pindah dari Iran untuk memperbaiki hidup mereka dan menginginkan pendidikan yang lebih baik lagi untuk anak mereka, Termeh. Sementara itu, sang suami tidak ingin pindah dari Iran, mengingat tidak akan ada yang menjaga dan merawat ayahnya yang menderita Alzheimers.

Sementara dalam proses perceraian dan pengambilan keputusan, Simin berpisah dengan Nader dan pindah kerumah orang tuanya. Termeh, memilih tinggal bersama ayahnya dengan harapan orang tuanya tidak jadi bercerai. Masalah datang ketika Nader

membayar wanita hamil yang sangat taat beragama, Razieh untuk menjaga dan merawat ayahnya dirumah sementara dia bekerja di Bank.

Tidak menyukai tindakan Razieh yang dianggap Nazir telah menyakiti ayahnya serta menuduh Razieh telah mencuri uang dikamarnya, dia mengusir Razieh secara paksa yang kemudian mengakibatkan Razieh masuk rumah sakit dan keguguran. hal ini kemudian dilaporkan suami Razieh, Houjat yang sangat tempramental ke dewan hakim dan menyebabkan ancaman 3 tahun penjara atas tindakan yang telah dilakukan Nazier.

....


Cerita film ini sangat khas dengan budaya Iran dengan segala sisi religius dan dilema moral yang memikat. Kisah film ini juga akan mengisi hidup penontonnya, memikirkan tentang ending yang tidak sampai diucapkan Termeh yang beruraian air mata dan memahami keindahan budaya Iran yang penuh kasih sayang, kejujuran yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan ikatan kuat sebuah keluarga.


Sejauh ini A Separation (جدایی نادر از سیمین‎ Jodái-e Náder az Simin, "The separation of Nader from Simin"), film yang mendapat 2 Nominasi OSCAR 2012 Best Foreign-Language Film dan Best Original Screenplay, sudah memenangkan Best Foreign Language Film di Golden Globe bulan Januari 2012 yang lalu ini. tidak hanya itu film ini sudah memenangkan 44 Awards dan 20 nominations.



(js/19/02/12)

Related Post



No comments:

Post a Comment