Monday, October 3, 2011

Happy Together (1997 film)


"Turns out that lonely people are all the same." (Lai Yiu-fai - Happy Together)

Directed by. Wong Kar-wai
Starring. Tony Leung, Leslie Cheung, Chang Chen
Running time. 96 minutes

PLOT
Ho Po-Wing (Leslie Cheung) dan Lai Yiu-fai (Tony Leung Chiu-Wai) sepasang kekasih dari Hongkong yang berkunjung ke Argentina untuk menyegarkan kembali hubungan mereka berdua, selain itu, mereka juga terobsesi ingin mengunjungi Iguazu waterfalls. dihari Ho dan Lai hendak mengunjungi tempat tersebut, tanpa sebab dan alasan yang jelas, mereka berdua putus dan Ho meninggalkan Lai.



Kemudian Lai bekerja di Club Tango, yang selalu dikunjungi oleh Ho dengan pasangan-pasangan barunya. sampai kemudian Ho dihajar karena mencuri jam tangan, yang membuat kedua tangannya remuk, hal ini kemudian membuat Ho kembali kepada Lai, dirawat oleh Lai. mereka kembali bersama.

Sifat Ho yang moody, angin-anginan serta tidak ingin berkomitmen ini sangat bertentangan dengan Lai yang menginginkan sebuah komitmen dan kehidupan normal. disuatu titik jenuh Ho dengan hubungan mereka, Ho kembali meninggalkan Lai. Kali ini, Lai yang tidak lagi bekerja di Club Tango melainkan disebuah restoran, bertemu dengan Chang. Chang memiliki ke pribadian yang bertentangan dengan Ho, dan selalu memiliki cara yang membuat Lai merasa nyaman. Chang yang mencintai travelling ini kemudian meninggalkan Lai ke tempat ter-ujung di South America.

"... we could start over."

Sebuah hubungan ideal yang diinginkan oleh Lai, ternyata tidak mencapai realita yang dibutuhkan. keseriusan dan komitmen Lai Yiu-fai untuk mempertahankan hubungan tidak diimbangi oleh pasangannya, Ho Po-Wing. Mereka mungkin bahagia saat bersama, tetapi kebersamaan mereka tidak bisa bertahan lama karena ada salah satu pribadi dari mereka berdua tidak menyukai monogami atau pun komitmen yang mengharuskan bersama dan setia dengan pasangan.

konflik ini lah yang ditangkap oleh Wong Kar-wai, kemudian diaduk secara emosional di film Happy Togehter. Karakter dibangun secara hidup dan nyata, dia mainkan dengan suasana intim serta berisi kerapuhan. Keberuntungan Lai adalah bertemu dengan Chang, keberuntungan Ho adalah bertemu dengan Lai. Lai belajar dari Chang untuk bergerak maju dan melepaskan, sementara Ho. merupakan karakter yang tidak dapat melihat sebuah pengorbanan, Ho tidak menangkap bayangan orang lain selain dirinya. pada akhirnya film ini mengajarkan kepada kita untuk mengenali siapa pasangan kita, dan belajar untuk melepaskan sebuah bentuk keidealan yang tidak bersandarkan realita serta mengenali sebuah kemungkinan yang mungkin dapat memperbaiki kehidupan dari keberanian sikap untuk meninggalkan sebuah hubungan yang sudah hancur untuk benar-benar bisa Happy Together.(JS)

Related Post



No comments:

Post a Comment