Saturday, September 24, 2011

Departures (おくりびと, Okuribito)

Daigo Kobayashi: A stone letter.
Mika Kobayashi: Stone letter?
Daigo Kobayashi: Long ago, before writing, you'd send someone a stone that suited the way you were feeling. From its weight and touch, they'd know how you felt. From a smooth stone they might get that you were happy, or from a rough one that you were worried about them.


Directed by Yōjirō Takita
Starring
Masahiro Motoki, Ryōko Hirosue, Tsutomu Yamazaki
Running time 131 minutes
Country Japan
Language Japanese

PLOT

Setelah group orkestra-nya di bubarkan, pemain cello, Daigo Kobayashi (Masahiro Motoki)dengan Istrinya, Mika (Ryōko Hirosue)pindah dari Tokyo dan kembali kekampung halaman untuk tinggal dirumah peninggalan Ibunya.

Dikampung halamannya, Daigo menemukan iklan lowongan pekerjaan yang Ia kira sebelumnya adalah pekerjaan di Biro Travel. ketika bertemu dengan sang pemilik usaha, Sasaki (Tsutomu Yamazaki), langsung dipekerjakan dengan bayaran yang besar. Pekerjaan yang tidak diperkirakan sebelumnya oleh Daigo ini lah kelak yang mempertemukan dia dengan ayah yang meninggalkan dia dengan ibunya puluhan tahun yang lalu.

Mengetahui Daigo bekerja sebagai seseorang yang menyiapkan (membersihkan dan mendadani mayat) upacaran pemakaman, Mika menganggap itu sebuah pekerjaan yang menjijikkan, yang membuat dia memutuskan untuk meninggalkan suaminya, Daigo dan kembali kerumah orang tuanya.

Dengan menjalani profesi barunya ini dan mengetahui 'keindahan' serta mamfaat dari pekerjaannya ini membuat Diago membulatkan hati dan menjadi lihai dibawah ajaran Sasaki sampai kemudian istrinya Mika kembali dengan membawa kabar telah hamil dan meminta Daigo untuk berhenti dari pekerjaannya.

Okuribito (the sending away/off people) : penyatuan sebuah komedi, drama, ritual budaya yang hidup di Jepang.

Akan sulit menemukan film Jepang yang melupakan budayanya. itu merupakan salah satu kemewahan dan ciri khas film-film Jepang, apapun genre-nya. di film Departures ini, ritual kental budaya di sajikan, untuk menghindari suasana depresi di filmnya, sang sutradara, Yōjirō Takita, piawai dalam menyelipkan adegan komedi dengan meng-explore karakter Daigo secara menyeluruh. tidak memabukkan, tidak berlebihan, pas sekali sehingga terasa akrab dengan kehidupan kita.

Departures (おくりびと, Okuribito) merupakan film 2008 yang menang dalam penghargaan film bergengsi diawal tahun 2009, 81st Academy Awards untuk Best Foreign Language Film.


Related Post



No comments:

Post a Comment