Sunday, August 7, 2011

Skeptic and Cynic


Are you a Skeptic or a Cynic? What is the difference?

skeptic --> One who instinctively or habitually doubts, questions, or disagrees with assertions or generally accepted conclusions.

cynic -->
1. A person who believes all people are motivated by selfishness.
2. A person whose outlook is scornfully and often habitually negative.

Pendek kata, sikap Skeptis itu merupakan suatu sikap yang selalu meragukan dan mempertanyakan segala sesuatunya. dan sementara Sinis, biasanya sikap seseorang yang selalu mencemooh atau memandang negatif segala sesuatunya.


Ada beberapa orang, dimasa saya kuliah atau pun masih di senior high school dulu, they said that I was cynic. Am I cynic? maybe YES if I didnt know about Skeptic. saya rasa, kita dalam sebuah pembicaraan, ketika saya berpendapat yang bertentangan dan mencoba melihat sesuatu dari sudut pandang yang lain,yang biasanya tidak bisa diterima oleh 'khalayak' mereka beranggapan itu suatu hal yg negatif, dan cara saya, mereka bilang sinis.

well, they are NOT wrong, mereka bebas menilai kan? tapi kembali lagi ke pribadi yang diberi yang dijadikan objek sebuah penilaian. saya menerima sebuah kritik tetapi tidak dalam bentuk "mentah".

Memang tipis perbedaan antara skeptis, kritis atau pun sinis, kepeleset sedikit, itu akan jatuh pada satu dan yang lainnya, bisa jadi ketiganya. Saya suka mempertanyakan segala sesuatu and YES, saya juga suka meragukan segala sesuatunya. dan YES, cara saya dalam bersikap skeptis, itu mengandung kesinisan. lah?

anyway, sejarah saya, dari saya kecil, saya suka "bertanya" saya tidak pernah menelan mentah-mentah segala sesuatunya. saya moeslem, Islam, dan Islam saya bukan karena orang tua saya yang Islam, tetapi itu sebuah proses. saya mempelajari semua agama sampai kemudian saya memilih Islam, saya meyakini Islam. karena ada hal lain, ajaran lain yang saya pertanyakan dan bisa dijawab oleh Islam.

Jadi ya memang, saya bukan tipe orang yang gampang percaya segala sesuatunya, sometimes, yes, I dont trust people tetapi tidak dalam cara pandang mereka berbohong karena mereka egois atau apa. kadang ya, saya juga memandang aneh terhadap orang-orang yang suka mengkonsumsi sesuatu itu mentah-mentah, dengan mudah menerima segala sesuatunya tanpa literature atau something yang bisa meyakinkan lah. Oleh karena itu, saya paling tidak suka jenis-jenis acara Reality Shows, info"TAI"nment yang begitu-begitu lah.

That's just NOT my things. you know.

Related Post



No comments:

Post a Comment