Wednesday, August 31, 2011

INCENDIES (2010)





"You know, sometimes it is better perhaps... do not know everything.!" (Incendies)

Directed by. Denis Villeneuve
Starring
Lubna Azabal
Mélissa Désormeaux-Poulin
Maxim Gaudette
Running time. 131 minutes
Country. Canada
Language. French & Arabic

Saudara kembar Jeanne Marwan dan Simon Marwan sepeninggalan surat wasiat ibunya, Nawal Marwan yang meminta mereka berdua untuk menemukan Ayah dan saudara mereka dimasa lalu yang tidak diketahui Jeanne Marwan dan Simon Marwan. jika mereka tidak berhasil menemukan, disurat wasiat yang lain, sang ibu menuliskan :

"Bury me without a coffin, naked, And''without prayers, Faces turned towards the ground, face first against the world. Peter and epitaph. No stone will be
placed on my grave. And my name engraved nowhere. No epitaph for those who do
not keep their promises.."


Dalam usaha menemukan ayah dan saudaranya yang lain, Jeanne melakukan perjelanan ke Timur tengah, melintasi negara untuk mengetahu masa lalu ibunya yang selama ini tidak dia ketahui. Ketika mememukan fakta bahwa Nawal Marwan pernah di perkoasa dimasa tahanannya selama 15 tahun di penjara Kfar Ryat, Jeanne menelpon saudara kembarnya Simon untuk datang menemuinya, menghadapi fakta bahwa Ibunya adalah seorang pembunuh tokoh Nasionalis, dan di cap pengkhianat oleh kaum Kristiani.

TENGGELAM DIDALAM 'INCENDIES'

Ketika Jeanne menyusuri kisah hidupnya, sedikit demi sedikit kita dibawa tenggelam oleh kehidupan Nawal Marwan. dimulai kisah pelarian yang gagal yang membuat kekasihnya Wahab di bunuh, meninggalkan dia yang sedang hamil dengan anak yang membuat penyesalan yang menghantui sepanjang hidupnya. Kita juga dihantarkan pada sisi revolusioner dari Nawal yang membentuk karakternya keras pada masa di era perang Timur Tengah.

Kisah Incendies merupakan catatan hidup seorang Ibu yang pernah meninggalkan anaknya, seorang wanita yang pernah diperkoasa di penjara yang membuatnya hamil untuk kedua kalinya. Nawal Maryam mempunyai hidup yang tidak biasa, yang pada akhirnya, dia ditenggalamkan oleh fakta dari 'permainan' hidup yang dimilikinya.

Dan Jeanne dan Simon, harus terseret dalam kisah lain, fakta yang terpaksa mereka tanggung dalam kisah tragedi sang Ibu. "You know, sometimes it is better perhaps... do not know everything.!"

Film Kanada dengan bahasa Francis dan Arab ini menghadirkan kisah yang dibungkus indah dengan kebudayaan Middle East, keapikan cara sutradara bertutur, akting yang kuat dan view yang tajam membuat film ini masuk nominasi film berbahasa asing terbaik di ajang Oscar dan Golden Globe 2011.

Related Post



No comments:

Post a Comment