Monday, February 14, 2011

NEVER LET ME GO (2010)



Directed by.
Mark Romanek

Starring
Carey Mulligan
Keira Knightley
Andrew Garfield

“It had never occurred to me that our lives, which had been so closely interwoven, could unravel with such speed. If I'd known, maybe I'd have kept tighter hold of them and not let unseen tides pull us apart.”
– Kathy

Jika kau terlahir sebagai manusia yang sudah di format dan dikondisikan nantinya akan memberikan 4 organ vital dalam 4 tahapan operasi pendonoran yang tidak diketahui apakah nantinya kau bisa bertahan hidup atau tidak, apakah Kau tetap bisa menjalani dan menikmati hidupmu? Dan apakah hal yg terbesar akan kau perjuangkan dalam batas kehidupan yang singkat itu?

NEVER LET ME GO, merupakan 2010 British dystopian drama film diangkat dari Novel yang di publikasikan tahun 2005 karangan Kazuo Ishiguro dengan judul yang sama. Menceritakan tentang Kathy (Carey Mulligan), Tommy (Andrew Gardfield) dan Ruth (Keira Knightley). Mereka melewati masa kecilnya di Hailsham. Disini mereka di bina untuk bisa mempersiapkan diri sebagai donor organ vital sebanyak 4 kali dalam 4 tahapan. Di Hailsham, diantara persahabatan Kathy dan Ruth ada Tommy yang sama-sama mereka cintainya. Yang pada masa itu, Ruth lah yang berada disisi Tommy sebagai kekasih.

Beranjak dewasa, mereka bertiga pindah ke tempat lain di dystopian Britain. Kathy masih mencintai Tommy sementara Tommy masih tetap bersama Ruth. Sampai akhirnya pada suatu malam, Ruth datang ke kamar Kathy dan menyerang Kathy dalam kata yang membuat Kathy memilih menjadi seorang perawat selagi menunggu pendonoran organ pertamanya. Kathy meninggalkan dua sahabatnya, Tommy dan Ruth.

---------------------------

Kecemburuan Ruth, Keluguan Tommy dan Keteguhan Kathy.


Kathy mungkin pintar dan kreatif, dia yang menggengam tangan Tommy untuk pertama kalinya. Tetapi Ruth mempunyai cara langsung dalam hal perasaannya, dia mengatakannya pada Tommy dan keluguan Tommy, kerapuhan karakter Tommy, kelemahan Karakter Tommy lah yang menerima cinta Ruth. Ruth dan Kathy mungkin bersama sebagai sahabat, mereka saling memahami tanpa kata, tetapi dibelakang itu semua. Mereka sama-sama mengkhawatirkan dan berperang untuk hal yang sama, memenangkan Tommy.

Ketika Ruth sadar, bahwa Tommy mulai beralih ke Kathy, Ruth datang, Ruth mengatakan semua hal yang menyakiti Kathy, Ruth menginginkan Kathy pergi. Dan memang, Kathy tidak bisa bertahan, dia memilih menjauh. Mendaftar sebagai seorang perawat, merawat para pendonor sambil menunggu gilirannya. Dan dia menghabiskan 8 tahun sebagai seorang perawat. Dan diantara tahun-tahun itu, dia kemudian bertemu lagi dengan Ruth dan Tommy, dalam kondisi yang berbeda dan dengan takdir yang sama.

Dystopian Drama.


Kita merasa mereka tinggal didunia yang sama dengan kita, bernafas dengan kita. Tetapi mereka bukan manusia biasa. Mereka adalah sosok-sosok manusia yang tidak biasa. Mereka merupakan kloningan yang nantinya akan menyumbangkan organ vital mereka kepada para originalitas mereka. Ada yang bertahan sampai di pendonoran organ vital yang ketiga, ada yang meninggal hanya dalam tahap pendonoran organ yang pertama.

Mereka tidak punya pilihan lain, mereka tidak bisa mendapat pekerjaan lain. Mereka hanya bisa jadi perawat semasa menunggu pendonoran atau menanti pendonoran dengan melewati waktu apa adanya, berusaha untuk bahagia.

Bagi pencinta Distopia Drama, NEVER LET ME GO, salah satu film yang wajib ditonton. Dengan kemewahan score dan setting, serta kedalaman cerita yang tidak biasa. Seperti halnya The Island (2005), District 9 (2009), Babylon A.D (2008), Equilibrium (2002), Gattaca (1997) dll, selalu saja ada hal menarik yang ditawarkan film-film Distopia.

Related Post



No comments:

Post a Comment