Monday, December 27, 2010

Two Thousand and Ten

"Besides stars and planets, there is also the comet. Every time a comet visits our solar system. it brings unexpected surprises..."
"I knew you were different from anyone else...."

-E.S

Tarik nafas dulu. HHHhhhhh.... kepala saya tiba-tiba terasa panas.
tahun 2010 tinggal menghitung hari, ini mungkin tulisan saya yang terakhir di blog yang sudah berumur 3 tahun lebih ini. agak aneh kenapa saya mempertahankan blog ini mati-matian. saya buka, saya pandangi, saya tulisi, saya baca-baca sendiri, saya banding-bandingkan dengan tulisan-tulisan saya tahunan yg lalu, saya lihat perubahan saya, kehancuran saya, kebahagian saya. yang dengan jujur, dengan setengah-setengah, saya mencoba ceritakan.

mungkin ini bakal menjadi tulisan yang panjang (dan tentu saya menulisnya dengan dada yang terasa nyeri)

. "Tuhan tahu, tapi menunggu" begitu kata Arai, Ya, Tuhan selalu menunggu, menunggu kita kembali kepada-Nya, menunggu kita menangis di sisi-Nya, menunggu kita pulang kepangkuan-Nya, menunggu kita berlari kearah-Nya.

Saya punya kesunyian yang panjang dengan "DAD"(D), saya mempunyai jarak yang terbentang seluas samudra, sebesar continent, benua, sekalipun dia berdiri dihadapan saya. saya tidak tahu bagaimana merengkuhnya, dan dia kehabisan cara bagaimana merengkuh saya. Kami tidak punya cara untuk bisa saling menatap, kami tidak punya cara untuk kembali, kami tidak punya cara untuk memperbaiki. D adalah mimpi hitam saya dimasa lalu, dan mimpi kosong saya dimasa mendatang. Kami berjalan dilorong kekosongan yang panjang, diantara rasa saling menjaga, untuk kompromi yang sangat tipis.

Dan "MOM" (M), dia adalah matahari kami, sekaligus bintang kami, langit kami, bumi kami, laut kami, tempat tinggal kami, rumah kami. Kami tahu Mom selalu lelah, karena dia selalu terjaga, dia adalah siang dan malam kami, dalam satu sosok yang rapuh, namun lapang dan luas. tidak ada kata lelah untuk kami, dari pagi Mom memperjuangkan segalanya, memasak, memakaikan menyiapkan anaknya yg ber-6 ini ke sekolah. dia menanti kami setiap kami pulang kerumah, sehabis bermain, menemani kami bermain. dan waktu seharusnya Mom lelah, malam hari, dia masih berada disisi kami. bercerita, mendongeng sebelum kami tidur.

Mom tidak banyak ingat cerita dongeng-dongeng, dan tak ada buku yang bisa dibacakan, hanya ada 5 cerita yang selalu diceritakan Mom, dia menceritakannya berulang-ulang kali. tapi kami tidak pernah protes karena terus mendengar hal yang sama selama bertahun-tahun, kami menyukainya.

dan saya mengenal Kelly Clarkson, dia memenangkan American Idol, atau pun Celine Dion, yang punya lantunan syahdu, dengan irama nada suara tanpa cacat. tetapi, sewaktu saya masih dalam ayunan dan sampe sekarang, suara terindah di miliki oleh Mom, dengan lantunan lagu yang sederhana, "Buru nuri, terbang tinggi, naik turun diatas dahan....." disitu lah masa-masa hidup saya paling sempurna, tidur nyenyak sekalipun tanpa AC atau kipas angin, atau tempat tidur mewah. disana lah saya hidup tanpa tuntutan sama sekali. saya, saudara saya, memiliki segalanya dengan hanya ada Mom yang selalu sehat disisi kami. kami bener-bener merasa bahagia.

Mom, dengan cinta sederhana yang dibawanya, membawa kami bersaudara, yang tanpa ucapan manis, tahu, kalau kami saling menyayangi. sampai saat ini, siapa pun diantara kami yang jatuh, kami sama-sama merasakan sakitnya. Kami berusaha saling menjaga dan mendukung dalam kehidupan sederhana kami masing-masing.

Ya, Mom selalu menyatukan kami. sampai saat ini.

diantara kehidupan real saya yang sederhana itu, saya punya kehidupan lain diluar keluarga. tahun 2010, tahun dimana ambisi-ambisi saya tertunda. saya belajar menerima dengan legowo. dan di ujung tahun, seperti mimpi saya tadi malam (saya selalu memimpikan air, sungai, dan laut, hal itu membuat saya berpikiran kemungkinan saya akan mati dilaut), saya terbawa arus di pertigaan sungai, saya merasa saya masih ditepi, tapi saya sudah di agak ditengah sungai yg luas, arusnya deras. mati-matian saya mencengram apa yang bisa saya pegang untuk tidak bisa terbawa arus. saya bener-bener ketakutan.

akhir tahun ini, saya menemukan sosok sepi, seseorang yang sendirian, yang setiap kali mengatakan tanpa drama bahwa dia tidak mengenali apa yang seharusnya dia kenali, saya akan terdiam tanpa kata.

Dia menepi dalam kehidupan saya. saya menyediakan tempat, tempat untuk terluka dan bahagia. dan separo tempat itu adalah, ruang untuk melupakannya. saya sama sekali tidak ingin dihancurkan oleh hal-hal yang tidak saya kenali seperti emosi sesaat. saya juga tidak ingin dilemahkan oleh rencana-rencana yang tidak berkesudahan. saya hanya ingin menjalani kehidupan ini, dengan cara saya, saya tidak tahu apakah cara saya benar atau salah, tetapi saya tetap ingin berpikiran positif bahwa Tuhan selalu punya rencana.

2010, adalah kisah penutup dan jawaban semua pertanyaan 2009. dan 2011, adalah awal baru, dimana saya menanyakan hal baru. 2009-2010 itu transisi saya yang anak kuliahan menjadi seorang kuli kehidupan. 2011, sepenuhnya saya adalah pekerja, dan pemimpi disaat yang bersamaan.

sampai saat ini, saya tidak bisa lelah mengejar kebahagiaan yang saya bayangkan akan saya dapatkan kalau saya bekerja keras.

Dan dia, saya mengatakan, "I love you" dan kemudian saya tahu, kata itu sudah kehilangan arti. ya, saya punya banyak keraguan, saya hanya bisa berharap disediakan waktu untuk membayar semua keraguan saya.

ini lah hidup saya sekarang. saya mendapatkan segalanya di 2010, luka, luka, luka, harapan, harapan, harapan, perjuangan, perjuangan, perjuangan, mimpi yang tidak berkesudahan maupun cinta yang setengah-setengah.

Kita semua menunggu waktu, dimana kita akan kehilangan sesuatu dan dimana kita akan mendapatkan sesuatu...

hiduplah dengan utuh.
Selengkapnya...

Tuesday, December 14, 2010

The ONE

"Don't let anyone steal your dream with their love"
-Asma Nadia

Sehubungan dengan Tweets di Twitter dan Shouts saya di Facebook dianggap kayak anak ABG oleh temen-temen saya, dikatain mellow juga untuk orang seusia saya, saya pun sadar diri dan berhubungan web-blog ini yang baca bisa di hitung dengan dengkul, saya share disini aja ah. saya penting bakat ber-mellow mellow saya bisa tercurahkan khusus akhir tahun ini.

Secara fisik, dia lah kriteria yang saya cari. dia memiliki lesung pipit, berkulit sawo matang (sehingga terlihat manis sekali), dan mata dia yang bening membuat tatapannya terkesan hangat juga dalam. dia punya senyuman yang membuat dunia saya berbeda, yang membuat semua tawa saya tenggelam tanpa arah, yang membuat nyeri di pundak saya lenyap dengan bingkai tarikan lembut dibibir saya, memaksa saya untuk tersenyum.

Dia lah bayangan yg saya cari dalam hidup saya, begitu rapuh, dan akan menguap disaat panas datang atau setidaknya berganti arah. Dia membuat semua kepintaran dan logika saya menguap, saya bertumpu pada satu kalimat yang tidak dapat dipegang sepenuhnya kebenarannya, "Saya mencintainya"

Jauh dari dalam hati saya, saya tidak benar-benar mengenalnya. sikap dia yang paling saya tahu dari teman-temannya dan saya juga menilai begitu, dia cool, calm dan sangat pendiam. sangat bertentangan dengan saya, yang selalu ingin memeluk langit, bumi dan laut sekaligus.

Dia mengatakan, kalau dia juga menyukai saya, dan kisah cinta ini pun selayaknya yang pernah di tuliskan Jane Austien dalam semua novel-nya atau pun Nicholas Spark, hampir sempurna, tetapi dia masih menunggu waktu. saya tahu semua keraguannya, dan saya juga sangat mengenal semua keraguan saya.

Seperti yang sudah-sudah, saya selalu menghempaskan semua kisah cinta saya yang mulanya meluap, dan kembali berjalan menegakkan kepala seakan tidak terjadi apa-apa, lalu bersembunyi dalam aktivitas dan ambisi saya. melupakan semua patahan-patahannya dalam memori yang berlebelkan "tidak pernah benar-benar bisa terlupakan"

Saya selalu dikelilingi wanita-wanita dewasa yang baik hati, penuh kepastian. Tuhan seakan-akan sudah menyampaikan, untuk memikirkan dan menyimpan salah satu dari mereka untuk masuk seutuhnya dalam hidup saya. tetapi, saya selalu menginginkan hal yang kepenuhan hati yang tidak terjangkau dalam semua logika saya.

Sebenarnya, kalau dia mengatakan, "YA" maka babak baru dalam hidup saya akan benar-benar dimulai, saya khawatir. tetapi sungguh saya ingin belajar membangun sebuah hubungan yg selama ini hanya saya anggap seperti mainan. saya ingin mengenal orang dalam kehidupan yang dewasa dan bijaksana, bukan dalam pengertian dangkal. saya butuh mendapatkan hati saya sepenuhnya. yang sakit terluka dan penuh cinta yang menggelora.

Saya ingin istirahat kali ini, memikirkan bahwa saya masih punya hati, yang ingin dibagi dan dipenuhi.
Selengkapnya...

Thursday, December 9, 2010

Your Mine

"Can you imagine what I would do if I could do all I can?"
- Sun Tzu

Setiap orang pasti punya cara untuk bertahan. saya sangat menyakininya. ada orang-orang yang bertahan dengan sikap sabar dan ikhlas. dan ada yang tipe melawan. satu bayar satu, kalau perlu harus bayar dua.

Saya tidak pernah mencari masalah individual sebab saya individu yang sangat perorangan. saya tidak mau mencari penyakit dengan mengharap akan ada kawanan yang nantinya membela saya. Tetapi kadang, tetap jika ada individu yang menyerang saya secara personal atau kelompok, kebagian yang mereka atau orang itu pikir kelemahan saya yang dapat mereka tertawakan seenaknya. tunggu dulu. siap-siap saja, saya akan mengasah pedang otak saya.

saya selalu bilang, kepada siapapun yang mau mendengarkan saya, "kita itu bisa terinjak-injak karena kita membiarkannya!"

jadi kalau kita tidak membiarkannya, dan menghargai diri kita, kita tidak akan tinggal diam. permasalahan sabar, ikhlas dan cinta damai, itu kembali ke sisi-sisi induvidu masing-masing. tapi, sayangnya saya tidak di side seperti itu.

Dalam hidup setiap orang punya rules mereka masing-masing. kalau Saya, saya memang suka bercanda-canda, cengengesan, senyum-senyum, tertawa-tawa TETAPI HANYA DENGAN YANG AKRAB DENGAN SAYA. kalau ada orang baru, yang asal serang tanpa tahu siapa saya dan langsung menjatuhkan judgement kepada saya, dengan maksud sok bisa menekan mental saya, wow... bersiaplah. Badan saya kecil, adu fisik saya akan kalah, tapi main tajam lidah dan otak, TRY ME!, silahkan coba.

pelajari background saya, saya punya 5 saudara laki-laki, saya punya kehidupan yang tidak bisa di bilang lembek, I know how to play, saya tahu cara bermain, saya tahu cara bertahan, saya tahu cara berperang. saya bisa sampai dititik ini, karena saya punya karakter yang bisa membuat orang yang mencoba 'pepetin' saya dapat balas sesuai dengan tingkat kepuasan hati saya waktu itu.

Ingat, tuhan menciptakan setiap mahluk-Nya dengan perangkat senjata mereka masing-masing. contohnya aja Landak, dia bisa membuat si Babi bocor berdarah-darah. silahkan gunakan senjata kita kalau ada yang mencoba mem-bom dan menghancurkan kawasan pribadi kita. punya lah respect. Hargailah siapa yang pantas di hargai, jangan terlalu nempel dengan budaya "hormati yang lebih tua" sekalipun prilaku mereka kotor. mau tua atau pun lebih muda dari kita, hargai mereka sepantas mereka menghargai kita, menghargai orang disekeliling kita.

Saya tipe pembeli, saya tidak pernah menjual. tapi kalau ada yang menjual, saya akan beli. dan saya selalu punya harga yang siap saya bayarkan untuk mereka.

'KALAU NDAK SALAH, JANGAN NUNDUK'
Selengkapnya...

Wednesday, December 8, 2010

The First Dec

"Oh hush! Not all of us can afford to be romantic..."
(Charlotte Lucas - Pride & Prejudice)

...Begini, sebenarnya ini masalah sederhana. terutama untuk manusia yang berusia diatas 20 tahun yang dituntut seharusnya lebih banyak menggunakan logika tanpa paka kembang gula drama sama sekali. ya ya ya, mati-matian saya menghindari kehidupan yang sok dramatis atau penuh kisah seru yang mendayu-dayu. saya hanya menginginkan yang biasa-biasa saja.

Hal biasa misalnya, saya ingin punya ketangguhan dalam menahan semua yang berhubungan dengan hati dan perasaan yang sangat "kampret" sekali karena gampang di bolak-balik seperti membalikkan telapak tangan. ya ya ya, saya sangat tidak mempercayai hal-hal yang berdasarkan dengan hati atau pun perasaan. Tidak logis, melemahkan dan sangat gampang membuat seseorang terlihat tolol dan sangat mudah membuat seseorang kehilangan pegangan.

TETAPI, Si Kahlil Gibran dengan cintanya yang gagal terlanjur bersyair,

""...pabila cinta memanggilmu..ikutilah dia walau jalannya berliku-liku... Dan, pabila sayapnya merangkummu... pasrahlah serta menyerah, walau pedang tersembunyi di sela sayap itu melukaimu..."
nah nah nah, apa kah saya rela dilukai pedang dibalik yang disebut cintah?


hayyah... tidak mau saya, masalahnya, bisa bisa ngak saya mengontrolnya untuk tidak jatuh cinta. oh Tuhan, saya manusia biasa dengan semua rasa naif saya. Saya sudah sampai dititik, saya bisa menceritakan semua kebohongan kepada semua orang, tentang saya, tentang masa lalu saya, tentang latar belakang saya. tetapi, saya tidak terlalu pandai untuk dapat membohongi rasa saya sendiri.

AKKKHHHHHHHHHHH.... ternyata bener, dunia ini panggung sandiwara. oh Nike Ardilla, apakah dikau sudah tenang dialam sana?

saya yakin, Tuhan sedang senyum-senyum diatas sana, Dia melempar saya ketempat yang paling saya takutkan, kayaknya untuk menguji saya, terus melihat saya kalang kabut, pontang-panting, mencari aternatif, mencari solusi, mengejar pilihan, untuk semua masalah inti dalam hidup saya, sambil tertawa-tawa mungkin Tuhan sedang berbisik, "c'mon stupid, why are you being such a stupid person? you know, you don't have anything. back to Me or you'll stuck in that stupid place forever!"

Hhhhhhh............

Ada orang-orang tertentu, yang terjebak dalam pelariannya, mereka punya kekuatan untuk kembali tetapi tidak punya keyakinan untuk menjalani hidup selain ditempat pelariannya. dan tipe orang ini, bisa jadi, akan tersesat selamanya.


Bilang kakak saya, "look at her smile, look at her face, look at her eyes. she's beautifull" saya hanya bisa menaikkan alis mata, "and she's still in senior high school. She's very-very (over 1000 times) young to me!" tetapi kakak saya sepertinya tidak menyerah, apalagi kakak ipar saya. dia terlalu bersemangat.

Saya tidak tahu, terlalu banyak yang berputur-putar dalam kepala saya selayaknya komedi putar. saya memikirkan tentang seribu kemungkinan tentang relationship. saya dengan sintingnya dan mellow-nya mengepost statement di twitter : "No matter how much I love you I cant still tell you because I know We're never be together & maybe you dont feel like the way I feel"

dan seorang temen yang baik me-reply : "tinggal di tembak aja toh susah!"

bener sekali. bukan seorang lelaki sejati kalau tidak bisa menyampaikan perasaannya terhadap orang yang ditaksirnya tetapi bukan lelaki bijaksana jika tidak bisa menahan hasratnya untuk sesuatu yang dia impikan dimasa yang akan datang.

dan saya bukan dua-duanya kayaknya, soalnya saya hanya seorang lelaki yang pandai berpura-pura.

saya mengejar target paling lambat Desember 2011 saya sudah menemukan kepastian hidup saya. sayatidak ada di Indonesia atau saya akan ada di Indonesia untuk selamanya. jadi sampai November 2011, saya memerlukan amunisi habis-habisan. Saya memerlukan banyak sertifikat. saya memerlukan banyak pengalaman kerja, saya memperlukan banyak jaringan, saya memerlukan banyak prestasi, saya memerlukan banyak pelajaran dan saya memerlukan banyak keberuntungan.

yang saya tidak butuhkan itu kayak relationship, melonkolis ngak karuan (di FB, Twitter atau SMS boleh lah, tapi dalam kinerja real, tidak boleh sama sekali. oke, kadang saya merasa kesepian, kayak orang idoit pulang kerja sendirian. tetapi, itu satu-satunya cara. dan saya berniat melebarkan jaringan.

boleh percaya dan boleh tidak, waktu saya ke daerah pedalaman kampung transmigrasi di Tanjung Redeb Kalimantan Timur, saya bertemu ketua RT yang pernah ke Thailand dan Hongkong dalam rangka pelatihan dari PEMDA. dan dia hanya lulusan SD, tapi skills, jangan ditanya. saat saya liat dia aja, saya sudah langsung bisa identifikasi kalau dia bukan orang sembarangan. aura-nya lain boy. mutiara ditengah hutan cuy. ini yang hebatnya, tidak hebatnya, saya juga bertemu ketua RT yang buta huruf, ngak bisa baca tulis. hanya bisa tanda tangan. nah lo.. life's complicated. ingat Avril kan.

kemana nih?

oh masalah cinta saya yang kandas terus karena bertubrukan dengan logika dan ambisi saya (herannya saya, waktu masa SMA saya lagi bener2 pengen pacaran, dapat yg naksir satu orang aja susahnya minta ampun. giliran sekarang saya lagi ngak niat, ada aja yg nyosor yg menggoyah iman, hayyah)

EEEeeee.... kayaknya kisah rasa suka saya yang muter-muter dengan dia yang sekarang ini ngak akan bertahan lama juga kok, ntar juga minggat dari hati saya. kenapa?

karena... face-nya oke dan cute sih, tapi gaya rambutnya ngak mendukung. ancur. hahaha!
Selengkapnya...