Sunday, October 17, 2010

The Dayak's Village!

Bena Baru, Berau, Kaltim, IND

dalam kisah kehidupan didaerah pedalaman, ada banyak hal yang mungkin tidak dapat dipahami oleh orang awam daerah perkotaan, dan saya pikir, begitu juga sebaliknya. yang menarik tinggal didaerah yang dikelilingi hutan dan bisa dibilang, akses tertutup dengan jarang tempuh yang lumayan sulit di jangkau, sangatlah menarik.

untuk pendidikan misalnya, sehubungan di kampung dayak Bena Baru belum ada SMP, anak-anak kampung ini yang berjumlah sekitar 40 orang melanjutkan bersekolah di kampung tetangga (Pegat Bukur) yang ditempuh 20 menit naik perahu kecil. ketika saya ikut naik perahu tersebut, hal yang terpikirkan oleh saya, "wow, asyik juga" sebab melintasi sungai kelay yang kiri kanan-nya masih rimbun oleh hutan-hutan. yang paling saya harapkan adalah melihat buaya kuning sungat kelay yang lumayan legendaris itu.

dan kampung Bena Baru ini sendiri, tempat tinggal anak-anak ini, masih sangat culture dan tradisional. rumah penduduk mayoritas rumah lamin, dan dibeberapa rumah memelihara Babi hutan dibawah kolong rumah mereka.

hhhhmmm.... Next, silahkan check this pic!

(pulang sekolah naik perahu)
(mandi berenang!)
(perahu tumpangan anak-anak sekolah dari Bena Baru)
(salah satu rumah adat di Bena Baru)
(naik perahu menuju Bena Baru)
(kampung Bena Baru, untuk bisa ke kampung ini, kita harus menyebrangi sungai Kelay)

Related Post



No comments:

Post a Comment