Wednesday, December 2, 2009

SANG PEMIMPI (Film) 2009


Sang Pemimpi adalah sebuah film Indonesia tahun 2009 yang diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi kedua, Sang Pemimpi, karya Andrea Hirata. Film ini disutradarai oleh Riri Riza dengan produser Mira Lesmana. Pengambilan gambar rencananya dimulai di Belitung (Belitong, dalam bahasa setempat) pada 1 Juli 2009 dan dijadwalkan selesai pada 21 Agustus 2009, dan akan dilakukan di beberapa lokasi di Manggar, Tanjung Pandan, Jakarta, dan Bogor.Film ini rencananya akan tayang di bioskop di Indonesia mulai 17 Desember 2009

Sang Pemimpi akan menjadi film pembuka dalam Jakarta International Film Festival (JiFFest) 2009 pada 4 Desember 2009, dan menjadi film Indonesia pertama yang menjadi pembuka sejak JiFFest pertama pada tahun 1999

film ini di Sutradarai oleh Riri Riza (yang juga dikenal lewat Pertualangan Sherina, Eliana-eliana, Gie dan Laskar Pelangi) dan di produseri oleh Mira Lesmana. Sang Pemimpin yang menelan budget IDR 11 Milyar berdurasikan 120 menit.

Plot


Sang Pemimpi merupakan kelanjutan dari Laskar Pelangi. Film ini menceritakan mengenai Ikal dan saudara sepupunya, Arai, serta sahabatnya, Jimbron, pada usia remaja, dan mengisahkan mengenai anak remaja yang mencari identitas diri dan seksualitas pada usia 17 tahun.

Ikal masih merindukan cinta pertamanya yang telah pergi dari Belitung, menyisakan hanya kenangan dan sebuah kotak kaleng yang bergambarkan menara Eiffel. Arai, seorang playboy bergaya Melayu, jatuh cinta kepada teman sekelasnya Zakiah Nurmala yang tampaknya bertepuk sebelah tangan. Sementar itu, Jimbron berangan-angan untuk menyelamatkan Laksmi, seorang gadis muda yang bekerja di sebuah pabrik cincau. Bersama-sama, ketiganya berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi

Cast

Vikri Setiawan sebagai Ikal remaja.
Lukman Sardi sebagai Ikal dewasa (juga dalam Laskar Pelangi).
Zulfanny memerankan Ikal kecil (juga dalam Laskar Pelangi)
Ahmad Syaifullah sebagai Arai remaja.
Nazriel Ilham (Ariel "Peterpan") sebagai Arai dewasa.
Sandy Pranatha sebagai Arai kecil.
Azwir Fitrianto sebagai Jimbron remaja.
Mathias Muchus sebagai Seman Said Harun
Rieke Diah Pitaloka sebagai Ibu Ikal
Nugie sebagai Pak Balia
Landung Simatupang sebagai Pak Mustar
Maudy Ayunda sebagai Zakiah Nurmala.
Yayu Unru sebagai Bang Rokib
Jay Widjajanto sebagai Bang Zaitun

-------------------

yang agak mengecewakan adalah cast untuk Arai dewasa. kenapa yang dipilih Ariel "Peterpan"? terlalu cakep dalam hal fisik sementara dibuku Arai dewasa digambarkan sebagai lelaki yang sangat biasa dalam hal fisik, tinggi dan hitam. tapi mungkin ini akan di atur bagian make-over. tapi semisal Ariel tetap menjadi Arai di Edensor, wah, bakal terasa agak 'sengau'. but, we'll see soon.

dan jika di "Laskar Pelangi" yang paling menonjol adalah Cut Mini, siapakah cast yang paling menonjol di "Sang Pemimpi"?

FYI, sementara film SP produksi, Skenario untuk sekuel selanjutnya, "Edensor" sudah digarap loh, artinya kemungkinan akan release di bioskop tahun 2010.

film ini(Sang Pemimpi) kemungkinan merupakan film kedua termahal Indonesia tahun ini, setelah sebelumnya film Meraih Mimpi (Sing To The Dawn) yang disutradarai oleh Phil Mitchell dengan budget USD 5 Juta. walaupun banyak yg meng-claim film Meraih Mimpi bukanlah film Indonesia melainkan Singapore kerena semua anggaran dari film tersebut dari Pemerintah Singapore.

Related Post



3 comments:

  1. kyaaaa!!! arieeell!!! arieeelll!!!

    *cuma mau nyamfah di blognya pak jibril. :P :P :P :P :P

    pak Jibril, ariel itu gak cakep lagi. menurutku termaksud "biasa" aja. but he might look "attractive" for particular girls.
    bedakan antara "cakep" dan "attractive"

    sekian. :)

    *YES!!! berhasil pak Jibril blognya disamfahin midorima. wkwkwkkwkw. *kepuasan tersendiri*

    ReplyDelete
  2. mnurut gw yg pencinta peterpan, ariel itu cakep dan kiyut loh. tp kayaknya penulis blog ini ng suka ariel T________T

    ReplyDelete
  3. Mimid : beda ya antara cakep sm attraktif. oo.. baru tau sy. hahaha...
    klo beda cantik dan hot saya tau lah.

    ReplyDelete